Cek Rekeningmu Sekarang! BSU BBM Tahap IV Cair Minggu Depan

Daftar BSU BBM

Pemerintah akan mencairkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) dari kompensasi kenaikan bahan bakar minyak (BBM) tahap IV minggu depan.

Direktur Jenderal Anggaran, Isa Rachmatarwata mengatakan BSU akan disalurkan hingga 6 atau 7 tahap dengan total anggaran yang disiapkan Rp 8,8 triliun.

Untuk penyaluran, Isa mengungkapkan BSU akan dilakukan lewat BANK Himbara dan PT Pos Indonesia. Lebih lanjut, dari data Kemenkeu, Isa mengungkapkan anggaran BSU yang sudah disalurkan telah mencapai Rp 4,2 triliun dari Rp 8,8 triliun atau sekitar 48,2%. Nilai BSU ini mencapai Rp 600.000 per pekerja dan dibayarkan satu kali.

Adapun, jumlah penerima diperkirakan tidak akan mencapai 16 juta pekerja. Isa memperkirakan jumlahnya hanya akan mencapai 14,6 juta pekerja. Hal ini disebabkan oleh adanya screening yang komprehensif.

“Penerima BSU tidak boleh sebagai BLT BBM. Tidak boleh double, di situ jadi sejauh ini yang kami dapat kemungkinan 16 juta akan tersaring beberapa,” ungkap Isa.

Screening atau seleksi penerima BSU ini dilakukan langsung oleh Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) dari data yang dikirimkan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Isa menambahkan penerima BSU tidak diperbolehkan memiliki status sebagai PNS, Polri dan TNI. Selain itu, syarat utama, penerima BSU hanya pekerja dengan gaji di bawah Rp 3,5 juta per bulan.

Kelompok penerima bansos lewat Bank Himbara, agar bisa menerima bantuan sosial/ bansos  dari pemerintah. Penerima bantuan sosial bisa membuka rekening BRI secara online, tanpa perlu datang ke kantor cabang. Simak syarat-syaratnya.

Ada 4 langkah yang bisa dilakukan untuk membuka rekening baru. Simak 4 cara buka rekening BRI:

  1. Siapkan Dokumen Siapkan KTP, NPWP (opsional), Data Diri
  2. Verifikasi Diri Lakukan Video Recording untuk verifikasi diri Anda.
  3. Setoran Awal Aktifkan Rekening barumu dengan melakukan setoran awal.
  4. Buat Akun BRImo

Buat Akun Internet Banking BRI untuk menikmati segala fasilitas perbankan BRI Bagi Anda yang ingin membuka rekening BRI, Buka Rekening dan pilih tabungan Simpedes. Setoran awal Simpedes sangat murah yakni hanya Rp50.000.

Biasanya, penerima bantuan sosial atau bansos dari pemerintah memilih setoran awal yang lebih murah. Adapun setoran awal Tabungan BRI Simpedes hanya Rp50.000, dengan biaya administrasi bulanan Rp5.500. Adapun saldo minimum yakni Rp25.000. Penerima bansos yang membuka rekening BRI akan menghubungi pihak BRI melalui video call untuk melakukan verifikasi data. Calon nasabah wajib menjawab setiap pertanyaan dari customer service BRI. Setelah melakukan setoran awal senilai Rp50.000 ke tabungan Simpedes, maka nasabah bisa membuat akun BRImo. Akun ini adalah layanan m-banking BRI untuk memudahkan layanan transaksi perbankan.