BLT BBM Rp 600.000 Sudah Mulai Dibagikan, Simak Syarat Daftar di Aplikasi ini

Aplikasi untuk mendapatkan BLT senilai Rp 600.000

Sejak 1 September 2022, pemerintah mulai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp 600.000 kepada masyarakat dengan kriteria kelompok penerima manfaat (KPM). Bantuan sosial atau bansos ini bertujuan untuk menjaga daya beli masyarakat untuk mengantisipasi dampak dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Anggaran yang disiapkan pemerintah ini cukup besar yaitu sebesar Rp 24,17 triliun. Dan sebanyak Rp 12,4 triliun akan dialokasikan untuk bansos dalam bentuk BLT.

BLT BBM  akan diberikan kepada masyarakat sebanyak 20,65 juta KPM senilai Rp 600.000. Bantuan ini rencananya akan dibayarkan dua kali sebesar Rp 300.000 per bagian. Cek nama penerima disini

Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal R. Djoemadi menyatakan bahwa pihaknya telah menerima 1,5 juta data penerima manfaat dari total 20,6 juta KPM. BLT akan disalurkan melalui kantor pos di seluruh Indonesia.

Faizal menargetkan dalam dua minggu, semua penerima manfaat BLT BBM akan menerima haknya. “Kami juga akan meningkatkan kerja sama dengan pihak luar, seperti merekrut mahasiswa dan masyarakat sebagai tenaga juru bayar,” tuturnya dikutip dari keterangan resmi, Jumat, 2 September 2022.

Selain itu, kata Faizal, PT Pos juga akan menggandeng pemerintah daerah, dinas sosial, aparat setempat, kepolisian dan TNI. “Agar penyaluran bisa cepat dan aman,” kata Faizal.

Di samping BLT untuk KPM, pemerintah juga akan memberikan bantuan Rp 600.000 kepada 16 juta pekerja dengan gaji maksimum sebesar Rp 3,5 juta. Total anggaran yang disiapkan untuk bansos pekerja mencapai Rp 9,6 triliun.

Adapun penerima bansos ini akan ditentukan berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan. “Nanti Ibu Menteri Ketenagakerjaan (Ida Fauziyah) akan segera menerbitkan petunjuk teknisnya, sehingga bisa langsung dilakukan pembayaran kepada para pekerja tersebut,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Selain dua jenis bansos itu, pemerintah juga akan menggelontorkan bantuan subsidi untuk sektor transportasi, seperti angkutan umum dan ojek. Total anggaran yang disapkan sebesar Rp 2,17 triliun dan disalurkan melalui pemerintah daerah.

Selanjutnya: Apa saja syarat dan cara mendapatkan BLT BBM senilai Rp 600.000?

Untuk mendapatkan BLT tersebut, berikut sejumlah syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi:

  1. Penerima bansos adalah masyarakat miskin atau rawan miskin yang memiliki KTP
  2. Penerima bansos bukan termasuk anggota PNS, Polri dan TNI
  3. Khusus Bansos Program PKH, penerima harus masyarakat yang terdampak kenaikan harga BBM, termasuk mereka yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).
  4. Untuk pekerja, BLT akan diberikan bagi pekerja yang memiliki gaji maksimal Rp 3,5 juta.

Berikut adalah 3 cara untuk mendapatkan BLT senilai Rp 600.000: 

  1. Mengambil BLT di Kantor Pos terdekat bagi penerima manfaat yang berdomisili dalam radius sekitar 500 meter dari Kantor Pos.
  2. BLT disalurkan melalui komunitas seperti RT/RW, kelurahan dan kecamatan
  3. BLT akan diantar langsung ke rumah bagi penerima disabilitas, orang tua, dan warga yang bermukim di wilayah 3T (terdepan, tertinggal, terluar).

Ada baiknya jika kamu telah mendapatkan BLT BBM di simpan sebagai dana darurat yang berfungsi untuk memproteksi diri kita dari kejadian luar biasa di kemudian hari, berikut ini sekilas penjelasan mengenai pentingnya dana darurat dan tempat penyimpanan dana darurat yang aman dan mudah di ambil kembali.

Dana darurat adalah dana simpanan yang  kamu khususkan untuk memenuhi kebutuhan tidak terduga dimasa depan dalam jumlah yang besar. Seperti biaya-biaya pengobatan, sakit karena kecelakaan, perbaikan rumah atau penggantian alat rumah tangga, membayar utang, antisipasi kehilangan pekerjaan dan lain sebagainya. Dana ini tidak boleh digunakan sama sekali kecuali jika ada kebutuhan yang sangat mendesak.

Agar uang simpanan ini terpakai, kita perlu menyimpannya di instrumen lain yang terpisah dan aman. Pastikan memilih instrumen perbankan yang bersifat aman, mudah diakses, dan juga mudah dicairkan.

Sebagai referensi, berikut ini beberapa tempat menyimpan dana darurat yang aman dan mudah di akses dan juga mudah di cairkan.

  1. Tabungan di Bank

Tabungan di bank sangat baik digunakan untuk menyimpan dana darurat karena likuiditas yang tinggi alias mudah dicairkan, serta mudah diakses. Kapanpun dan di mana pun, misalnya di tengah malam kamu bisa mencairkannya untuk keperluan mendesak.

Sebaiknya buatlah rekening khusus untuk tempat penyimpanan dana darurat. Agar dana darurat kita tidak tercampur dan terpakai untuk keperluan sehari-hari.

  1. Deposito

Instrumen keuangan ini juga cocok untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan dana darurat. Deposito adalah satu jenis investasi yang rendah risiko. Hasil investasi yang diterima, dapat digunakan untuk menambah porsi dana darurat. Pilihlah deposito dengan jangka waktu pendek seperti 1 bulan.

Perlu diingat dan pastikan ketentuan bank, karena ada beberapa bank memiliki kebijakan tidak bisa mencairkan deposito sebelum jatuh tempo, atau ada juga yang menerapkan biaya penalti jika deposito dicairkan sebelum jatuh tempo.

  1. Reksa Dana Pasar Uang

Instrumen yang ketiga untuk penyimpanan dana darurat adalah Reksa Dana Pasar Uang (RDPU). Seperti diketahui RPDU adalah jenis reksa dana dengan resiko paling rendah, dibandingkan dengan reksa dana obligasi ataupun reksa dana saham.

Pergerakan RDPU juga lebih cenderung stabil meningkat, dikarenakan RDPU berisikan produk keuangan seperti deposito, surat utang (obligasi) dengan jangka waktu kurang dari 1 tahun.

Selain itu, RDPU juga memiliki likuiditas yang tinggi, sehingga kamu bisa mencairkan kapan saja tanpa dikenakan biaya penalti, dan dengan proses pencairan paling lambat 3 hari kerja.

Potensi imbal hasil RDPU juga lebih tinggi jika dibandingkan bunga deposito dan juga tidak dikenakan pajak. Jadi, potensi keuntungan ini bisa untuk menambah porsi dana darurat kamu.

Itu adalah beberapa rekomendasi instrumen yang bisa digunakan untuk menyimpan dana darurat. Sebelum memilih, pastikan pelajari dulu kelebihan dan kekurangannya, ya

 

Trending PostDaftar blt bbm