Jadwal Pencairan KJP dan Cara Menyimpan KJP untuk Berguna di masa depan

Dijadwalkan pencairan KJP Plus Agustus 2022 akan dicairkan Dinas Pendidikan DKI Jakarta pada awal bulan. Berdasarkan jadwal pencairan KJP bulan sebelumnya, kemungkinan KJP Agustus dapat dicairkan pada minggu kedua dan akan kembali dilakukan secara bertahap.

Pencairan bantuan pendidikan adalah yang keempat pada KJP Plus tahap 1 tahun 2022 sejak Mei 2022.

Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta telah menegaskan akan berupaya mencairkan bantuan KPJ Plus antara tanggal 4 hingga 8 setiap bulannya. Pada 2 bulan terakhir, jadwal pencairan KJP Plus sedikit berubah di mana dana masuk ke rekening penerima pada pertengahan bulan.

Untuk kepastian pencairan, Disdik DKI Jakarta meminta warga penerima KJP untuk mengecek media sosial UPT P4OP. Karena, pengumuman akan dilakukan di akun media sosial tersebut.

Bantuan KJP Plus yang diperoleh dapat digunakan untuk membeli kebutuhan siswa seperti perlengkapan sekolah, dan kebutuhan siswa lainnya sesuai ketentuan yang ditetapkan pemerintah.

Dana pendidikan anak adalah salah satu hal yang harus dipersiapkan sejak dini, Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan agar tidak kebingungan lagi jika usia anak mulai mendekati usia sekolah.

Tabungan pendidikan anak merupakan jenis tabungan yang diperuntukkan untuk menyimpan dana pendidikan anak mulai dari usia TK hingga perguruan tinggi. Merencanakan biaya pendidikan anak memang enggak bisa sembarangan, Terlebih, banyak orang tua yang mulai mengalami masalah finansial ketika anak mereka mulai memasuki bangku kuliah.

7 Rekomendasi tabungan pendidikan anak

Ingin memilih tabungan pendidikan untuk anak? ada 7 rekomendasi tabungan pendidikan yang bisa dijadikan pertimbangan. Berikut rangkumannya.

1. Mega Rencana

Bank Mega dapat membantu menabung untuk tujuan masa depan, seperti pendidikan anak. Tabungan ini dinamakan Mega Rencana.

Produk Bank Mega yang satu ini merupakan tabungan berjangka bebas biaya administrasi. Tak hanya itu, tabungan ini juga disertai dengan perlindungan asuransi jiwa.

Mega Rencana memiliki dua bentuk pilihan. Yang pertama adalah Mega Rencana Reguler, di mana nasabah bisa menarik dana yang ditabungkan untuk keperluan darurat setelah tahun pertama. Sementara itu yang kedua adalah Mega Rencana Promo, yang merupakan tabungan berjangka berhadiah sesuai dengan keinginan nasabah.

2. BNI Tabungan Perencanaan Masa Depan

Bank BNI memiliki jenis tabungan untuk merencanakan masa depan Si Kecil. Tabungan ini dinamakan BNI Tabungan Perencanaan Masa Depan atau BNI Tapenas.

BNI Tapenas adalah simpanan berjangka yang bisa membantu dalam merencanakan keuangan untuk mewujudkan masa depan, termasuk pendidikan anak yang lebih pasti dan aman.

BNI Tapenas dapat memberikan kepastian dana untuk masa depan, juga meningkatkan kedisiplinan dalam menabung, hingga menjadi sarana investasi dengan bunga lebih tinggi dibandingkan tabungan lainnya.

3. BritAma Rencana

BritAma Rencana adalah tabungan investasi yang bisa digunakan untuk menyimpan dana pendidikan anak. Tabungan BritAma mewajibkan nasabah melakukan penyetoran setiap bulannya.

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Mulai dari suku bunga lebih tinggi, dengan setoran bulanan minimum Rp100 ribu, dan gratis biaya administrasi, jangka waktu tabungan hingga 20 tahun, dan masih banyak lagi,

4. Tahapan Berjangka BCA

Bank BCA juga memiliki jenis tabungan untuk Pendidikan anaka yang dinamakan Tahapan Berjangka, Terdiri atas dua yaitu Tahapan Berjangka dan Tahapan Berjangka SiMuda.

Tabungan Tahapan Berjangka dan Tahapan Berjangka SiMuda memiliki periode waktu hingga 20 tahun, juga tidak memiliki biaya administrasi, serta nasabah bebas menambahkan dana kapan saja di luar setoran bulanan. Tahapan Berjangka ini memastikan agar asuransi jika terjamin keamanannya.

Perbedaannya Tahapan Berjangka dengan Tahapan Berjangka SiMuda ada pada setoran bulanan dan usia nasabah. Tahapan Berjangka SiMuda untuk nasabah berusia 18 hingga 30 tahun dengan setoran bulanan Rp100 ribu dengan kelipatan Rp50 ribu. Sedangkan Tahapan Berjangka memiliki setoran bulanan Rp500 ribu dengan kelipatan Rp50 ribu.

5. BTN Siap

Tabungan BTN Siap dapat digunakan untuk perencanaan masa depan. Tak hanya untuk menyimpan dana pendidikan anak, tabungan ini juga bisa digunakan untuk tabungan untuk keinginan travelling.

Ada beberapa kemudahan dan kenyamanan yang didapatkan dari BTN Siap, nih. Sebagai contoh  perlindungan asuransi jiwa bebas premi, dengan setoran rutin bulanan minimal Rp100 ribu, tabungan tanpa buku tabungan, dan masih banyak lagi.

6. Tabungan Rencana Bank Mandiri

Bank Mandiri memiliki Tabungan Rencana untuk mengelola keuangan dengan baik dan terencana. Tabungan Rencana untuk menabung secara rutin melalui penarikan dana otomatis dari rekening tabungan yang di daftarkan setiap bulannya.

Membuka Tabungan Rencana di Bank Mandiri, harus berusia minimal 18 tahun hingga 70 tahun. dan juga harus mengisi formulir dan memiliki tabungan Mandiri atau giro.

Keuntungan Tabungan Rencana ada banyak. Mulai dari gratis biaya administrasi, fasilitas autodebet, dan bebas setoran mulai dari Rp100 ribu, jangka waktu yang fleksible hingga 20 tahun, dan banyak lagi.

7. PermataProteksi Masa Depan+

Bank Permata tabungan untuk masa depan adalah PermataProteksi Masa Depan+. Tabungan ini juga dilengkapi dengan asuransi jiwa gratis.

Keuntungan yang bisa  didapatkan jika membuka tabungan. Seperti kebebasan nilai setoran awal, perlindungan asuransi jiwa, jangka waktu menabung hingga 18 tahun, dan banyak lagi.

Syaratnya, nasabah harus memiliki KTP/SIM/Paspor, atau identitas lainnya. Tinggal di Indonesia dan berusia minimal 18 hingga 60 tahun. Serta mengisi formular.