4 Ide Topik Blog untuk Situs E-Commerce

Sebuah blog bisa menjadi alat pemasaran yang hebat untuk situs e-commerce mereka. Di dalam sebuah blog dari situs e-commerce bisa menjadi media untuk mengarahkan pembaca blog menuju produk di situs e-commerce sehingga terjadi konversi untuk melakukan pembelian.

Dalam artikel blog e-commerce ada kemungkinan untuk memberi tahu pemaca tentang merek, produk, kualitas, review, dan sebagainya. Selain itu, dengan mengupdate artikel secara teratur anda bisa meningkatkan peringkat situs di hasil pencarian search engine.

Mengapa Harus Membuat Blog Situs E-Commerce

Menambahkan blog pada situs e-commerce mungkin menambahkan beban pekerjaan karena harus selalu update artikel. Namun hal ini juga akan memberikan dampak yang bagus untuk meningkatkan interaksi transaksi di situs e-commerce anda. Sebuah blog memungkinkan audiens anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang merek, kualitas,dan keterangan lebih jelas tentang produk anda.

Setiap anda menambahkan postingan artikel baru ini menandakan bahwa blog/situs e-commerce anda selalu aktif sehingga disukai search engine Google. Anda bisa mengisi artikel blog dengan menjawab pertanyaan dari pelanggan produk e-commerce anda. Dengan memakai topik dan kata kunci yang sesuai maka bisa meningkatkan peringkat produk e-commerce di hasil pencarian.

4 Topik Isi Blog Situs e-Commerce Agar Muncul di Google

Sebuah blog dapat membantu audiens menemukan produk anda di hasil penelusuran search engine. Anda perlu menghasilkan ide-ide baru dan unik untuk blog e-commerce anda. Maka dari itu, berikut langkah penting dalam membuat artikel dan memelihara blog e-commerce anda.

1. Riset Keyword Topik Blog e-Commerce

Anda bisa membuat artikel dan mendapatkan topik blog e-commerce dengan masukkan dari beberapa keyword yang telah anda riset. Riset keyword bisa anda lakukan dengan mengambil kata kunci dari produk e-commerce anda. Penelitian kata kunci akan membantu anda dalam memahami istilah pencarian mana yang digunakan audiens untuk menemukan produk yang mereka cari.

Anda bisa melakukan riset keyword dengan memanfaatkan tools dari google seperti Google Trends untuk mengetahui seberapa sering kata kunci digunakan dalam mesin pencari. Selain itu juga bisa digunakan untuk mengetahui istilah lain yang serupa yang mungkin digunakan oleh audiens.

2. Peristiwa Terkini

Cara terbaik untuk memunculkan ide topik blog artikel e-commerce adalah dengan memperhatikan topik sekitar yang sedang ramai serta selalu memantau berita. Dengan mengetahui topik terkini atau tren kekinian yang ada maka bisa memunculkan ide artikel baru untuk blog. Misalkan kini muncul tren sepeda, maka kita bisa membuat artikel tentang info sepeda, lampu sepeda, hiasan sepeda, dan lain-lain yang bisa diarahkan ke produk sepeda di e-commerce kita.

3. Komentar dan Pertanyaan Pelanggan

Dengan memperhatikan kolom komentar dan pertanyaan yang ada di blog maupun di produk maka bisa menjadi bahan ide/inspirasi untuk mendapatkan ide topik blog artikel e-commerce. Anda bisa menjawab pertanyaan dari pelanggan melalui artikel lalu merekomendasikan/menjawab pertanyaan dengan memberikan link yang mengarah ke artikel jawaban atas pertanyaan.

Akan terjadi trafik balik antara web e-commerce dengan blog e-commerce. Untuk meningkatkan meningkatkan pendapatan, anda juga bisa memasang banner produk di blog atau memasang iklan pihak lain di blog e-commerce anda.

4. Memberikan Cerita Tentang Produk

Ide lain untuk membuat artikel bisa anda lakukan dengan membuat artikel yang beri cerita atau review tentang produk di e-commerce anda. Cerita produk ini bisa berupa deskripsi produk secara rinci, cara menggunakan produk, dan lain sebagainya. Terkadang pengunjung mencari tahu cara memakai produk terlebih dahulu sebelum membeli produk. Setelah mengetahui cara penggunaan anda bisa langsung mencoba mengarahkan pengunjung untuk menuju produk yang dijual di e-commerce anda.

Jika setelah menggunakan 4 ide diatas anda masih kebingungan dalam membuat artikel anda bisa mengisi blog anda dengan artikel yang sesuai dengan topik e-commerce, seperti topik bisnis, entrepreneurship, wirausaha, dan lain-lain.