Jenis-jenis asuransi mobil

Jenis-jenis asuransi mobil yang perlu kita ketahui

Perlu Anda ketahui bahwa ada dua jenis asuransi mobil murah yang bisa dipilih, yaitu asuransi risiko dan TLO. Apa aja perbedaan penting antara kedua jenis asuransi kendaraan ini? Berikut penjelasannya.

1. Semua Risiko

Seperti namanya, asuransi auto risk memberikan perlindungan atas segala risiko yang menimpa kendaraan kita.

Asuransi mobil all risk tidak memperhitungkan persentase kerusakan mobil. Baik itu kecil atau besar, perusahaan asuransi biasanya akan menanggung biaya perbaikan kerusakan tersebut.

Asuransi ini, yang sering disebut asuransi komprehensif, memberikan banyak pertanggungan yang diperpanjang, seperti banjir, huru hara, dan perlindungan lainnya.

2. Total Loss Only (TLO)

Asuransi mobil TLO memberikan pertanggungan apabila kendaraan yang diasuransikan hilang karena pencurian atau kerusakan dengan tarif lebih dari 75%.

Layanan asuransi ini tidak akan menanggung jika tingkat kerusakan kendaraan kurang dari 75 persen. Diasumsikan bahwa kerusakan lebih besar dari 75 persen membuat kendaraan tidak dapat digunakan.

Nah, bagi yang mencari asuransi kendaraan murah, kebanyakan hanya akan menggunakan asuransi kerugian total karena preminya jauh lebih murah dibandingkan asuransi all risk.

Nah, itulah ulasan asuransi mobil terbaik yang direkomendasikan oleh Lifepal. Jangan ragu untuk mempelajari isi polis asuransi sebelum membelinya!

Bingung Memilih Asuransi All Risk atau TLO? Tentukan pilihan Anda dengan mengikuti tes asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Apa itu asuransi mobil?

Sebelum membeli asuransi mobil, terlebih dahulu pahami apa itu asuransi mobil. Asuransi kendaraan adalah jenis asuransi yang melindungi mobil dari kerusakan yang disebabkan oleh kecelakaan, tabrakan, terguling atau tergelincir.

Dengan mendapatkan asuransi, Anda dapat menghindari perbaikan yang mahal.

Di Indonesia sudah banyak perusahaan asuransi yang menjual produk asuransi kendaraan seperti ACA Insurance, AIG, AXA Mandiri, Allianz dan lain-lain.

Peserta asuransi yang mengalami kerusakan mobil dan ditanggung dalam polis, datang saja ke bengkel rekanan asuransi.

Asuransi mobil terbaik umumnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu asuransi risiko dan total loss only (TLO).

Umumnya, premi asuransi mobil dihitung berdasarkan harga asuransi dikalikan dengan harga mobil. Tarif yang sama ini pada dasarnya diatur oleh OJK berdasarkan kelas kendaraan, harga kendaraan dan wilayah.

Meskipun ada harga dasar yang telah ditentukan sebelumnya, perusahaan berhak menetapkan harga premium berdasarkan pertimbangan lain. Misalnya, keuntungan yang ditawarkan lebih beragam.

Selain itu, ada banyak hal lain yang perlu dipertimbangkan termasuk usia pengemudi, riwayat kredit, dll.

Premi TLO rata-rata menggunakan tingkat asuransi 0,8%-1% sedangkan tingkat asuransi all risk berkisar 2,5-3,5%.