Cara Membuat Booting Windows menjadi Lebih Cepat

OS windows adalah Operating system yang paling umum digunakan di perangkat komputer, laptop, atau bahkan juga di smartphone seperti windows phone.

Adapun guna dari Operating system pada sebuah perangkat yakni untuk menjalankan interface, dan juga aplikasi aplikasi yang membutuhkan interface yang lebih dalam.

Jika sebuah perangkat tidak memilik Operating System, tentunya perangkat tersebut tidak akan menampilkan apa apa, selain teks ataupun notifikasi system error.

Namun selain banyaknya fungsi OS windows bagi sebuah perangkat, ada beberapa pengguna windows yang mengalami masalah pada saat booting. Booting adalah proses Operating System bekerja masuk kedalam system yang sudah ada.

Untuk itu, kamu bisa mencoba beberapa cara ini untuk mempercepat booting pada operating system windows kalian.
Nonaktifkan Startup Program yang tidak Diperlukan

Kamu bisa menonaktifkan beberapa program yang biasanya akan otomatis berjalan, ketika sebuah perangkat sudah masuk kedalam system.

Kamu bisa melakukan disable melalui task manager, ataupun melalui services.msc yang ada di command run pada windows.

Hal ini bertujuan agar system lebih membutuhkan sedikit resource, untuk bisa masuk kedalam system secara sempurna.

Kesehatan Hard Disk

Media penyimpanan di komputer seperti hard disk, merupakan sebuah tempat penyimpanan semua data dari OS agar bisa berjalan dengan sempurna.

Sebab itulah kalian harus memeriksa terlebih dahulu kesehatan hard disk kalian. Biasanya, hard disk yang mengalami bad sector, akan mengalami masalah ketika masuk kedalam system, ataupun ketika menjalankan sebuah aplikasi.

Tentunya hal ini tidak hanya berpengaruh pada OS saja, melainkan pada kinerja perangkat kalian.

Melakukan Scanning dengan Antivirus

Sadar atau tidak, virus juga terkadang bisa masuk kedalam system, dan kemudian merusak file file system dari OS kalian.

Jika virus sudah masuk dan merusak, biasanya hal ini akan sangat berpengaruh pada kinerja, dan compability sebuah aplikasi ketika hendak dijalankan.

Untuk itulah, kamu bisa melakukan scanning pada perangkatmu, untuk mendeteksi apakah ada virus yang bersarang, atau tidak.

Melakukan Update Windows

Mungkin terdengar menjengkelkan, karena memang harus memakan banyak bandwith atau quota internet kalian. Namun, hal ini bisa menjadi salah satu pemecahan masalah yang bisa kamu gunakan.

Teknisi dan developer akan melakukan update pada waktu tertentu. Tentunya hal ini tidak terlepas dari bagaimana para developer memperbaiki masalah dan bugs yang ada pada versi OS yang saat ini digunakan.

Selain melakukan perbaikan, biasanya developer juga akan menambahkan beberapa fitur didalam sebuah update windows.

Semoga dengan menerapkan beberapa hal diatas, kamu bisa mendapatkan kinerja komputer atau laptop menjadi lebih baik, dan juga membuat proses booting menjadi lebih cepat.