7 Tips Keuangan Bagi Pasangan Yang Siap Menuju Ke Jenjang Pernikahan

Menikah adalah tahapan kehidupan baru yang tak hanya memikirkan hidup sendiri, tetapi bersama pasangan hati berusaha berjuang untuk hubungan yang lebih di ridhoi dan merupakan ladang ibadah yang lebih berarti. Mengantongi restu orang tua sudah pasti apalagi juga tentang materi. Tentu kamu akan sangat bangga dan bahagia jika bisa hidup mandiri apalagi untuk mempersiapkan kehidupan rumah tanggamu. Kedewasaan serta kesiapanmu kini memang sudah tak diragukan lagi. Simak tips yang berikut ini ya bagi kamu yang siap menuju ke jenjang pernikahan yang lebih pasti:

1. Bagai Anak Panah Yang Kamu Arahkan Tepat Sasaran, Kamu Dan Pasangan Harus Punya Target Yang Terarah Dengan Benar!

Kamu dan pasanganmu harus tahu seberapa banyak dan untuk apa kalian mengumpulkan uang. Sebelum menabung kalian harus paham dengan benar untuk apa dan bagaimana kalian mengumpulkan uang. Juga bagaimana kalian akan menyisihkan uang tiap bulan.

Misalnya kamu dan pasangan punya rencana selama 3 tahun kalian akan menabung untuk biaya pernikahan dan juga berpikir untuk membayar DP KPR rumah beserta cicilan tiap bulanya. Nah, kalian bisa survey dengan mencari bank yang memiliki suku bunga rendah untuk KPR-nya sekalian kalian juga bisa menabung disana agar lebih dipermudah.

2. Ingin Menyewa Gedung Pesta Dengan Tabungan Bersama?

Kalian bisa dalam waktu 1-2 tahun menabung dengan menyisihkan 30% gaji bulanan kalian untuk menyewa gedung. Kamu dan pasanganmu bisa membuat tabungan bersama untuk masa depan kalian berdua. Nggak harus banyak-banyak kok cukup 30% dari gaji kalian dan 70% gaji kalian akan masuk ke rekening kalian masing-masing. Tidak sulit kan?

Misalnya gaji kalian Rp. 3.000.000,- jadi besar uang yang kalian tabungkan sebesar 30%:

2x 30%x Rp. 3.000.000,- maka sebesar Rp. 1.800.000 tiap bulanya

Sehingga dalam 1 tahun = Rp. 1.800.000 x 12 = Rp. 21.600.000,-

2 tahun = Rp. 1.800.000 x 24 = Rp. 43. 200.000,-

3. Investasi Emas Bisa Menjadi Pilihan Kalian Juga Lho!

Kamu dan pasanganmu bisa saling berdiskusi untuk memajukan dan tak ingin menunda lebih lama lagi tentang hubungan ke jenjang pernikahan. Kalian yang tak ingin berlama-lama mengesahkan status kalian menjadi suami istri tanpa harus menunggu punya rumah dulu karena kalian berpikir bahwa semua berproses pelan-pelan jadi lebih baik kontrak rumah dulu.

Investasi emas bisa menjadi pilihan cerdas kalian. Dalam waktu 1-2 tahun kalian sudah bisa mengontrak rumah untuk tempat tinggal sementara. Kalian bisa membeli emas sedikit demi sedikit. Harga emaspun cukup stabil kok, jadi kalian bisa segera memulai untuk segera berinvestasi kecil-kecilan untuk masa depan kalian kelak. Dan, kalian tak perlu lagi untuk menumpang dirumah mertua indah hehe. Kalian akan lebih mempunyai privacy meskipun masih statusnya rumah kontrakan.

Misalnya:

Kamu dan pasanganmu mulai membeli emas tiap bulan 2 gram, maka dalam waktu 1 tahun kamu sudah bisa mengumpulkan uang sekitar: Rp.500.000,- x 24 gram= Rp. 24.000.000,-

Nah, emas ini harganya memang tergantung dari kualitas emas itu sendiri. Jika karatnya semakin besar maka otomatis harganya pun juga akan semakin mahal. Belilah emas di tempat yang sudah terpercaya kualitas emasnya.

4. Asuransi Kesehatanmu Mulai Sekarang, Dalam Waktu 5 Tahun Sudah Bisa Kamu Ambil Untuk Menutupi KPR-Mu

Kesehatan itu penting dan utama. Kamu dan pasanganmu dapat mengikuti asuransi kesehatan mulai dari sekarang. Kalian wajib memiliki asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan ini bisa juga dijadikan investasi untuk masa depan kalian, terlebih selama 5 tahun sudah bisa digunakan untuk membantu melunasi KPR. Asuransi ini sangat penting dengan tujuan utamanya untuk antisipasi jika tiba-tiba kalian jatuh sakit.

Misal : Uang asuransi @bulan = Rp.500.000,- maka dalam wktu 5 tahun uang kalian terkumpul sebanyak = 12 x 5 x Rp. 500.000,- = Rp. 30.000.000,-

Karena kalian berdua maka : 2 x Rp. 30.000.000,- = Rp.60.000.000,-

Nah, lumayan kan kalian dapat mengambil uang sebesar 60 juta untuk mengurangi kekurangan pembayaran KPR.

5. Kencangkan Ikat Pinggang Dan Berhematlah Mulai Dari Sekarang

Kamu dan pasanganmu juga harus belajar berhemat terlebih saat kencan. Lebih baik alokasikan untuk biaya pernikahan kalian, bayangkan foto prewedding, catering, cetak undangan dan cenderamata pernikahan akan membuat kalian berpikir menahan diri untuk berfoya-foya dalam berkencan.

Kamu sungguh beruntung karena calon suamimu adalah orang yang tak pernah ragu membicarakan soal masa depan. Meskipun begitu, kalian juga harus berpikir untuk mengurangi frekuensi berkencan dengan banyak pengeluaran yang cukup mahal. Kalian bisa melakukan penghematan untuk jangka panjang demi masa depan kalian.

Rencana penghematan untuk 3 tahun kedepan sbb:

Anggaran kencan perbulan Rp.250.000,- x 36 = Rp. 9.000.000,-

Undangan: Rp.2000,- x 1000 = Rp. 2.000.000,-

Souvenir: Rp. 3000,- x 1000= Rp. 3.000.000,-

Foto prewedding harga persahabatan teman sendiri fotografernya = Rp.2.500.000,-

Total biaya : Rp. 7.500.000,-

Nah, ternyata kalian malah bisa hemat Rp. 1.500.000,- lumayan bisa untuk bayar nambah biaya yang lain kan?

6. Daripada Untuk Tukar Kado Anniversary Kalian, Lebih Baik Untuk Tambahan Saldo Tabungan Bersama Untuk Pernikahan

Kini kamu dan pasanganmu tak hanya menghemat soal kencan, tapi kalian juga harus mulai menghentikan kebiasaan saling tukar kado anniversary. Kalian harus mulai berpikir sayang banget kalau hanya untuk beli kado yang terlalu mahal. Ya, bukanya pelit sih tapi lebih berpikir tentang kemanfaatan yang lebih baik.

Nah, kalian bisa saling transfer ke rekening bersama kalian tiap kali merayakan hari ulang tahun dan hari jadi kalian misalnya. Lumayan hemat keuangan juga lho.

Biaya kado =Rp.250.000,- x 2x 4 = Rp. 2.000.000,-

7. Belajar Membina Rumah Tangga, Catatlah Pemasukan Dan Pengeluaran Kalian

Belum mapan ataupun kaya mulai dari sekarang kalian harus mulai belajar mengatur keuangan. Catatlah segala pemasukan tiap bulan agar semuanya rapi dan terinci, juga untuk pengeluaran wajib dan tak terduga juga harus kamu pikirkan. Saat ini cukup mudah untuk mencatatnya tak perlu manual lagi, kalian bisa memanfaatkan excel misalnya yang lebih mudah dalam menjumlahkan dan tak perlu repot lagi.

Mandiri dengan membiayai biaya pernikahan kalian akan menjadi kenyataan. Jika ada niat pasti ada jalan. Semoga tips diatas dapat membantu mewujudkan indahnya pernikahan kalian.