Tips Lolos Seleksi Kartu Prakerja untuk Dapatkan Total Manfaat Rp3,55 Juta

Tips Lolos Seleksi Kartu Prakerja untuk Dapatkan Total Manfaat Rp3,55 Juta, Adapun tips lolos seleksi Kartu Prakerja, dapat disimak berikut ini.

1. Penuhi Syarat dan Ketentuan Penerima kartu Prakerja

Syarat dan ketentuan penerima Kartu Prakerja menjadi hal dasar yang harus dipenuhi calon peserta untuk lolos seleksi Kartu Prakerja.

Pastikan calon peserta telah memenuhi syarat dan ketentuan penerima Kartu Prakerja sebelum melakukan pendaftaran.

Adapun syarat dan ketentuan penerima Kartu Prakerja, yakni WNI berusia minimal 18 tahun dan sedang tidak menempuh pendidikan formal.

Pekerja atau buruh yang terkena PHK maupun yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, serta pelaku UMKM juga dipersilahkan untuk mendaftar.

Kemudian, pastikan calon peserta bukan penerima bantuan sosial (bansos) dari pemerintah pusat, seperti BST, BPNT, BSU, atau PKH.

Selain itu, pastikan calon peserta juga bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), bukan Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa.

Serta, bukan Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara (BUMN) atau badan usaha milik daerah (BUMD).

2. Isi Data Diri dengan Benar

Calon peserta harus mengisi data diri dengan benar dan sesuai. Di antaranya, seperti NIK KTP, nomor Kartu Keluarga (KK), tanggal lahir, dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, apabila calon peserta tidak benar dalam mengisi NIK KTP, maka hal tersebut membuat sistem Kartu Prakerja tidak dapat memverifikasi data diri tersebut.

Hal ini nantinya akan membuat calon peserta gagal lolos dalam proses seleksi Kartu Prakerja.

3. Bukan Penerima Bansos Pemerintah Pusat

Pastikan calon peserta ataupun anggota keluarganya yang ada dalam satu Kartu Keluarga (KK) bukan penerima bansos dari pemerintah pusat, seperti BST, PKH, atau BPNT Kartu Sembako.

Sebab, jika terdaftar sebagai penerima bansos dari pemerintah pusat, calon peserta dipastikan tidak dapat lolos seleksi Kartu Prakerja.

Calon peserta atau anggota keluarganya bisa cek terdaftar atau tidak sebagai penerima bansos pemerintah pusat di situs cekbansos.kemensos.go.id.

4. Tidak Daftar Lebih dari 2 Orang per KK

Dalam satu Kartu Keluarga (KK) hanya diperbolehkan dua orang anggota keluarga yang terdaftar sebagai penerima Kartu Prakerja.

Sehingga, jika ada anggota keluarga ketiga yang melakukan pendaftaran, maka anggota keluarga tersebut dipastikan gagal lolos seleksi Kartu Prakerja.

Sebagai contoh, apabila 2 anggota keluarga dalam satu KK sudah menjadi penerima Kartu Prakerja sebelumnya, maka anggota keluarga lain yang ada dalam satu KK tidak bisa lolos menjadi penerima Kartu Prakerja.

5. Jawab Tes Kemampuan Dasar dengan Sebaik-baiknya

Jawaban tes kemampuan dasar pada saat pendaftaran Kartu Prakerja menjadi salah satu pertimbangan dalam proses seleksi Kartu Prakerja.

Oleh sebab itu, calon peserta Kartu Prakerja diimbau untuk mengerjakan tes kemampuan dasar dengan sebaik-baiknya.

Pastikan untuk tidak asal dalam memberikan jawaban saat mengerjakan tes kemampuan dasar.

Tidak perlu terburu-buru dalam mengerjakan tes dan kemampuan dasar. Teliti dan cek kembali jawaban tes dan kemampuan dasar sebelum melanjutkan ke tahap pendaftaran selanjutnya.

Calon peserta bisa memperhatikan lima tips yang telah disebutkan di atas untuk memperbesar peluang lolos Kartu Prakerja.

Namun, ditekankan kembali, penentuan calon peserta lolos atau tidak seleksi Kartu Prakerja kembali menjadi kebijakan Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja.

Trending Postdaftar prakerja,Syarat daftar bantuan prakerja