Alfamidi, The Next Wal-mart?

Alfamidi, The Next Wal-mart? Investor Amerika Serikat sangat kagum dengan Wal-mart yang memberikan return investasi(ROI) yang tinggi. Bagaimana tidak kagum?! Wal-mart menghasilkan return sebesar lebih dari 9000 kali sejak Wal-mart IPO pada tahun 1970. Orang yang beruntung membeli 100 lembar saham Wal-mart pada tahun 1970 di harga $16,50 dan tidak menjualnya sampai sekarang sudah menikmati harga sahamnya menjadi $15 juta! Sungguh hasil yang mencengangkan! Bayangkan membuat uang 1.650 menjadi 15 juta dan mungkin orang biasa hanya dapat menghasilkannya di lottery ticket atau berjudi.

Logo Alfamidi dan Walmart

Tapi ini bukanlah judi! Wal-mart memang sudah membuktikan performanya sebagai perusahaan yang selalu bertumbuh, berfundamental kuat dan market leader. Peter Lynch juga memberikan julukan kepada Wal-mart sebagai tenbagger dan menjadi saham favoritnya dulunya pada saat ia masih menjadi manajer investasi. Warren Buffet juga berinvestasi di Wal-mart dan selalu menambah kepemilikannya. Dulunya Wal-mart hanya ada di beberapa kota, namun sekarang Wal-mart sudah ada hampir di seluruh Amerika Serikat, luar negeri dan sekarang sedang berekspansi di China.

Gerai Alfamidi dan Walmart

Maka dari itu US Investor mencari perusahaan yang bisa menjadi seperti Wal-mart. Nah, beruntungnya kita orang Indonesia ada perusahaan yang mirip seperti Wal-mart. Perusahaan itu bernama PT Midi Utama Indonesia Tbk. Seperti Wal-mart, Alfamidi juga menjual berbagai macam kebutuhan rumah tangga dan berbeda dengan mini market pada umumnya, gerai Alfamidi lebih besar. Gerai ini yang membuat Alfamidi memiliki produk yang lebih banyak dan supplainya pun bagus yang membuat harga barang-barangnya menjadi lebih murah dibanding mini market yang lain.

Performa Emiten:

MIDI membuat kinerja yang mencengangkan! Dalam 5 tahun, pendapatan meningkat 23% per tahun dan laba usaha meningkat 89% per tahun. Nilai ekuitasnya bertumbuh 13% pertahun. Tidak hanya itu perusahaan juga membagikan dividen sebesar 20-30% dari laba tiap tahun, dan dividennya naik terus tiap tahun mengikuti kenaikan laba.

Valuasi:

Saat ini MIDI diperdagangkan di harga 800 yang mencerminkan PER 16 dan PBV 3,5. Valuasi ini cukup murah mengingat kinerja perusahaan yang hebat dan prospeknya yang cerah. Saya menilai Alfamidi adalah saham untuk jangka panjang dan yakin akan performanya di tahun-tahun yang akan datang. Dengan pertumbuhan middle class, kebutuhan akan minimarket dan perusahaan yang masih kecil membuat MIDI menjadi saham yang bisa menjadi tenbagger.

Disclaimer:

Ini hanyalah acuan investasi anda, semua keputusan ada di tangan anda. Saya tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun berhak atas keuntungan anda. Atas perhatian pembaca, saya ucapkan terima kasih.