Keajaiban dari Compund Interest (Bunga-berbunga) dalam Berinvestasi Saham

Karena saya sedang dalam mode liburan saya menjadi semangat dalam membuat artikel di blog ini. Berbekal dengan pengetahuan yang ada saya akan mencoba memaparkan dari kesaktian Compound Interest yang notabene dijuluki oleh Albert Einstein sebagai keajaiban dunia ke-delapan.

Albert Einstein berkata: “Bunga berbunga adalah keajaiban dunia ke-delapan. Orang yang mengerti akan mendapatkan keuntungannya dan orang yang tidak mengerti akan membayarnya”

Compound interest ini erat kaitannya dengan dunia investasi terutama saham yang naik turun secara persentase. Ini merupakan senjata ampuh yang membuat investor yang menggunakannya menjadi sangat kaya raya contohnya Warren Buffett.

Kesuksesan Warren Buffet terletak pada compund interestnya, dia membuat perusahaan yang kecil menjadi perusahaan konglomerasi yang besar berkat kesabarannya dalam menerapkan teknik ini. Bayangkan! Buffett mengubah $7 menjadi $200.000 selama kurun waktu 53 tahun yakni ketika ia membeli Berkshire Hathaway. Investasi ini menghasilkan imbal hasil rata-rata pertahun sebesar 20%.

Jadi anda tidak perlu optimis dengan mendapatkan imbal hasil pertahun 30% karena investor legendaris saja hanya mampu menghasilkan 20%. Asalkan anda konsisten, anda akan membuat kejaiban dengan mengubah uang yang kecil menjadi besar.
Hubungan Compound Interest dengan Modal dan Waktu

Compound interest itu sendiri hanyalah konsep saja yakni modal yang mendapatkan bunga lalu bunga tersebut akan menghasilkan bunga yang baru dan begitu seterusnya hingga tak terbatas. Kunci utama dari compound interest adalah waktu. Dengan waktu yang lama maka investor dapat mengakumulasikan bunga berbunga tersebut dari yang nilainya kecil menjadi besar hingga tak terhingga.

Seperti kata pepatah “Kedalaman tanah ada batasnya, tapi langit tak ada atapnya”, yang arti dari pepatah tersebut dalam dunia saham adalah ketika anda membeli saham senilai 1 juta rupiah risiko kerugian maksimal anda hanyalah senilai itu yakni dari 1 juta menjadi nol apabila perusahaan itu bangkrut. Namun saham 1 juta itu dapat naik berkali-kali lipat menjadi 10 juta, 100 juta, 10 milyar dan bisa naik terus tanpa batas. Itulah mengapa berinvestasi di instrumen saham adalah low risk high gain bagi yang betul-betul mengerti dalam penerapannya.

Ingat para pembaca yang bijak! Bagi investor waktu adalah teman dan untuk mendapatkan imbal hasil yang maksimal itu berarti anda harus tetap berinvestasi di pasar. Dan saham-saham yang menghasilkan return yang hebat dalam jangka panjang adalah saham dari perusahaan yang bagus yang memiliki fundamental solid. Semoga artikel ini menambah wawasan anda dalam berinvestasi. Selamat berinvestasi!