Cara membeli saham untuk pemula

Cara membeli saham untuk pemula – Apakah anda tertarik investasi saham? disini saya akan memberikan tutorial cara membeli saham untuk pemula.

Saham adalah pembukuan atau satuan dari nilai dalam suatu instrumen finansial yang mengarah pada suatu bagian kepemilikan suatu perusahaan. Tujuan perusahaan menjual saham adalah untuk mendapatkan pendanaan jangka panjang. Masyarakat bisa membeli suatu saham biasa di bursa saham via sekuritas atau broker. Pembelian saham minimal 1 lot. 1 lot dengan adanya peraturan baru tersebut adalah sejumlah 100 lembar.  Yaitu misalnya anda membeli saham UNVR. Harga saham UNVR sekarang misalnya Rp.30000. jadi satu lot saham UNVR adalah 100x Rp.30000= Rp.3.000.000,-. Jadi dengan uang 3 juta anda sudah bisa mendapatkan satu lot saham unilever. Anda juga harus tahu kode-kode perusahaan.

 

Tujuan membeli saham adalah meningkatkan capital gain dan dividen.

Penawaran saham perusahaan saat pertama kalinya sebelum diperjualkan diperusahaan dinamakan IPO atau kepanjangan initial public offering. Yang menjadi barometer dalam kenaikan atau penurunan suatu saham adalah indeks harga saham gabungan (IHSG).

Masyarakat bisa melakukan jual beli saham melalui broker atau melakukan online trading. Banyak sekuritas yang memberikan fasilitas online trading yang cukup bagus dengan fee transaksi yang competitive. Anda harus mencari sekuritas yang memberikan pelayanan informasi yang bagus dan lengkap. Jangan hanya tergiur dengan fasilitas fee yang rendah tapi kualitasnya jelek. Banyak sekuritas yang memberikan pelayanan online trading yang cukup bagus misalnya BNI securities,IPOT,dll.

Cara membeli saham untuk pemula

  • Investor harus menjadi nasabah perusahaan efek. Investor membuka rekening efek atau rekening dana investor dulu.
  • Kemudian melakukan deposit. Ada banyak pilihan ada sekuritas yang memberikan kebijakan deposit awal yang cukup murah dan ada juga yang memberikan kebijakan deposit awal sangat mahal. setahu saya phintraco securitas deposit awal Rp.100000.
  • setelah itu anda bisa menunggu Rekening efek anda jadi kurang lebih satu minggu. setelah itu anda bisa melakukan transaksi via broker atau online trading.

Ingat investasi saham adalah termasuk dalam kategori high risk dan high return. Tanpa pengetahuan dan pengalaman yang mumpuni anda hanya akan menjadi korban bursa saham.

Tips membeli saham untuk pemula

  • Pilih perusahaan yang memiliki fundamental yang kuat. pelajari laporan keuangannya mulai dari rasio pendapatan, aset dan hutangnya.
  • Hindari membeli saham yang memiliki hutang besar.
  • Pilih perusahaan yang yang mampu bertahan puluhan tahun dan selalu bertumbuh.misalnya saham PT.UNILEVER INDONESIA Tbk.
  • Hindari ikut-ikutan rumor dalam membeli saham.
  • Jangan melakukan trading kalau anda tidak punya pengetahuan disana.
  • Cari mentor yang bagus. ikut seminar dan pahami. ingat investasi pada pengetahuan itu lebih penting daripada anda langsung terjun dalam bursa saham.misalnya begini lebih baik sebelum anda masuk hutan yang belum anda lewati bukankan lebih baik anda menyewa orang untuk memandu atau memberi peta atau petunjuk kepada anda agar anda cepat sampai tujuan.

Prinsip utama dalam membeli saham

  • Beli diharga rendah jual diharga tinggi
  • Beli yang anda pahami dan ketahui

Demikian sedikit artikel tentang cara membeli saham untuk pemula, Semoga bermanfaat..